Minggu, 21 Desember 2008

Sejarah Komputer By Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)



From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)


SEJARAH KOMPUTER

  1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

  • KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
  • KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
  • KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah IC (integrated circuit), tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
  • KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)

Manajemen Informasi


Pengertian Manajemen Informasi
Manajemen informasi adalah menyangkut perangkat manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem yang dibangun dan mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan dengan perkembangan perusahaan dimasa depan.
Perbedaan Data dan Informasi
Pengertian Data
Data merupakan bentuk jamak dari datum yang berarti informasi. Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui di mana saja. Kemudian kegunaan dari data adalah sebagai bahan dasar yang obyektif (relatif) di dalam proses penyusunan kebijaksanaan dan keputusan oleh Pimpinan Organisasi.
Data adalah fakta yang jelas lingkup, tempat dan waktu-nya. Data diperoleh dari sumber data primer atau sekunder dalam bentuk berita tertulis atau sinyal elektronis.
Pengertian Informasi
Informasi adalah pengetahuan dari hasil pengolahan data-data yang berhubungan menjadi sebuah kesimpulan. beberapa data dapat dinyatakan sebagai informasi bila dari sedikit data tersebut sudah dapat di tarik sebuah kesimpulan.
Informasi diartikan sebagai hasil pengolahan data yang digunakan untuk suatu keperluan, sehingga penerimanya akan mendapat rangsangan untuk melakukan tindakan.
Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
Dari keempat pengertian para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil suatu keputusan.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut
merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan
lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau
hasil proses dari data tersebut.
Sumber: From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)

sistem Komputer

From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)

SISTEM KOMPUTER
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system)
Sistem : Jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untik melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untikmenghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya yaitu :
Software
Dapat dikategorikan dalam 3 bagian :
1. Perangkat lunak sistem operasi (operating system)
Yaitu : program yang di tulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer.
Contoh : windows, linux, dll
2. Perangkat lunak bahasa (language software)
Yaitu : program yang digunakan untuk menterjemahkan

From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)

program aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.
Terdiri dari :
v Assembler : Program yang di tulis/digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang di tulis dengan bahasa perakit (assembly language) atau bahasa pemrograman simbolik (symbolic programming language) menjadi bahasa mesin.
v Contoh : bhs. assemblerCompiler
Source program yang di tulis dengan bahasa tingkat tinggi, harus diterjemahkan menjadi program bahasa mesin dengan suatu program penterjemah yaitu compiler atau interpreter
Contoh :Pascal, delphi, foxpro, C, COBOL
v Interpreter
Bahasa tingkat tinggi yang bersifat interpreter. Interpreter juga merupakan program untuk menterjemahkan program yang ditulis dengan bahasa tingkat tinggi menjadi bahasa mesin.
Contoh : BasicPerbedaan Compiler dengan Interpreter
Compiler
1. Menterjemahkan secara keseluruhan sekaligus, jadi source program harus ditulis secara lengkap terlebih dahulu.
2. Bila terjadi kesalahan kompilasi, maka source program harus dibetulkan kembali.
3. Dihasilkan object program
4. Proses kompilasi lama
5. Proses pengerjaan program lebih cepat, karena executable program sudah dalam bahasa mesin.
6. Keamanan program lebuh terjamin, karena digunakan executable program yang sudh dalam bahasa mesin, relatif sulit untuk dirubah atau ditiru.
Interpreter
1. Menterjemahkan intruksi per intruksi dan langsung dikerjakan, sehingga source program tidak harus di tulis secara lengkap terlebih dahulu..
2. Bila terjadi kesalahan interpretasi, dapat langsung dibetulkan interaktif.
3. Tidak dihasilkan object program
4. Proses interpretasi
5. Proses pengerjaan program lebih lambat, karena setiap instruksi dikerjakan, harus di interpretasi ulang kembali, disebabkan tidak dihasilkan executble program.
6. Keamanan program kurang terjamin, karena source program dibuat dalam bahasa tingkat tinggi.
3. Perangkat lunak aplikasi (aplication software)
yaitu ; program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
Istilah perangkat lunak sistem (system software) menyangkut 2 kategori yaitu :
operating system software dan language software, serta hubungan dengan perangkat lunak, perangkat keras dan pemakai komputer sebagai berikut :
KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya.

Satuan Waktu Kecepatannya
Millisecond
Microsecond
Nanosecond
Picosecond Ribu operasi perdetik (1/1000)
Juta operasi perdetik (1/1000.000)
Milyard operasi perdetik (1/1000.000.000)
Triliun operasi perdetik (1/1000.000.000.000)
CARA MENGUASAI KOMPUTER
Membaca buku-buku komputer
Mempraktekkan langsung ke komputer
Agar komputer dapat berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi, maka diperlukan sistem komputer. Untuk itu, ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan satu sama lainnya yang menjadi satu kesatuan. Elemen yang dimaksud adalah :
v Hardware atau perangkat keras, yaitu peralatan yang secara
fisik terlihat dan bisa dijamah.
v Software atau perangkat lunak, yaitu program yang berisi
instruksi / perintah untuk melakukan pengolah data.
v Brainware, yaitu manusia yang mengoperasikan dan
mengendalikan sistem komputer.
Hardware tidak akan berfungsi tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia ( brainware ) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Penggolongan Komputer.
Penggolongan komputer dapat saya uraikan sebagai berikut :
q Komputer berdasarkan penggunaannya.
a. Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer), komputer ini dirancang dan dibuat untuk tujuan yang bersifat khusus, seperti komputer pada rumah sakit dan komputer alat-alat kedokteran.
b. Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer), komputer ini dirancang dan dibuat untuk suatu tujuan yang sifatnya umum agar dapat membantu aktivitas manusia dalam bekerja, contohnya Personal Komputer.
q Komputer berdasarkan kapasitas dan ukuran.
a. Komputer Besar à komputer keluaran pertama.
b. Komputer menengah à PC
c. Komputer Mini à Laptop
d. Komputer kecil à kalkulator
q Berdasarkan Generasinya.
a. Komputer generasi pertama ( 1946 - 1959 )
Komputer generasi pertama mempunyai komponen-komponen yang terbuat dari tabung hampa, sehingga ukuranya sangat besar.
b. Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )
Pada generasi komputer ini ditandai dengan penggunaan transistor sebagai komponen elektroniknya, sehingga ukuran komputer berubah menjadi lebih kecil.
c. Komputer generasi ketiga ( 1964 - 1970 )
Pada generasi ini komputer telah menggunakan IC. Komputer ini juga menggunakan komponen yang lebih praktis dan lebih baik, yaitu semikonduktor yang dipadatkan dalam sebuah chip sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya.
d.Komputer generasi keempat ( 1970 - sekarang )
Komputer ini mempunyai ukuran yang sangat kecil, contohnya personal komputer yang sekarang.
e. Komputer generasi kelima
Pada generasi ini, komputer mempunyai lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas pada satu masa. Komputer seolah-olah dapat berpikir sendiri mengenai cara-cara menyelesaikan sesuatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Selain itu, komputer dapat bertindak dengan mengeluarkan suara melalui microfon. Sifat ini dinamakan kecerdasan buatan. Komputer generasi kelima belum dapat digambarkan secara jelas. Pengembangan komputer ini masih dalam perencanaan atau mungkin hanya baru fiksi. Tetapi saat ini sudah ada wujud nyatanya komputer yang dapat berinteraksi dengan manusia, seperti mampu mengerti ucapan manusia. Komputer seperti inilah yang disebut komputer generasi kelima.
Data dan Informasi.
Dalam pemrosesannya, komputer akan menghasilkan informasi dari data yang diinput. Data merupakan fakta yang ada yang dapat dilihat dan ditelaah. Data dan informasi adalah dua hal yang sangat berhubungan. Komputer dalam pemrosesannya selalu menggunakan data. Kemudian data tersebut diproses sehingga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data adalah fakta yang sudah ditulis dalam sebuah catatan dalam berbagai bentuk media, sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu.
Untuk menghasilkan informasi yang tepat dan akurat perlu dilakukan pengolahan data terlebih dahulu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat kita lihat melalui monitor atau yang tercetak pada kertas melalui printer. Informasi dalam pengolahan data ini dapat berupa tulisan, gambar, grafik, suara, angka maupun simbol-simbol.
Syarat-syarat informasi yang baik dan lengkap adalah :
ü Ketersediaan,
ü Mudah dipahami,
ü Relevan,
ü Bermanfaat,
ü Tepat waktu,
ü Kehandalan,
ü Akurat,
ü Konsisten ( tidak berubah-ubah ).
Siklus Informasi.
Proses menghasilkan informasi harus melalui tahapan-tahapan yang dilakukan komputer sebagai teknologi informasi. Tahapan-tahapan tersebut terdiri atas Input - Proses - Output yang disebut sebagai siklus proses informasi. Artinya, bila tahap telah sampai pada output maka output tersebut dapat dijadikan input kembali. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa informasi yang dihasilkan dapat pula dijadikan data kembali sebagai input untuk diproses selanjutnya.
Untuk lebih memahami hal diatas, saya akan visualisasikan sebuah struktur infomasi pada halaman berikutnya.
Perangkat Keras ( Hardware ) dan Fungsinya
v Jenis Perangkat Keras
Komputer terdiri atas perangkat-perangkat keras yang bekerja sebagai suatu sistem terkait untuk mengolah data, memproses dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan diagram gambar 4 komponen utama sistem komputer.
v Fungsi Perangkat Keras
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Unit Masukan ( Input Device ),
2. Unit Pemrosesan ( Proses Device ),
3. Unit Keluaran ( Output Device ),
4. Unit Penyimpanan ( Backing Storage ),
5. Unit Tambahan ( Periferal ).
Untuk lebih memahami hal diatas, pada halaman berikutnya Pak Wahyu akan menjelaskan masing-masing perangkat keras berdasarkan fungsinya.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Peralatan input ini terdiri dari beberapa macam piranti, yaitu :
a. Keyboard
Merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard memiliki 4 bagian, yaitu :
1) Typewriter Key
2) Numeric Key
3) Function Key
4) Special function key
Untuk lebih memahami ke 4 bagian keyboard diatas dapat anda buka halaman berikunya.
1) Typewriter Key.
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alfabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
Ø Back Space
Berfungsi untuk menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor.
Ø Caps Lock
Bila tombol ini ditekan maka lampu indikator caps lock akan menyala. Hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau kapital. Bila lampu indikator caps lock mati, maka akan menjadi huruf kecil.
Ø Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi kursor.
Ø Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
Ø End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris / halaman / lembar kerja.
Ø Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
Ø Home
Tombol ini berfungsi untuk menuju ke awal baris atau sudut kiri atas layar.
Ø Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan karakter.
Ø Page up
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor 1 layar keatas.
Ø Page down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor 1 layar ke bawah.
Ø Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan.
1) Numeric Key.
Tombol ini terletak disebelah kanan keyboard. Tombol ini terdiri dari angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow.
1) Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas. Tombol ini terdiri dari F1 sampai dengan F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda bergantung dari program komputer yang digunakan.
1) Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya untuk memblok menekan secara bersamaan tombol shift + arrow key untuk menggeserkan kursor menekan bersamaan tombol Ctrl + arrow key.
a. Mouse
Mouse adalah salah satu unit masukkan ( input device ). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat . Selain itu dapat sebagai perintah praktis yang cepat dibandingkan dengan keyboard.
a. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan untuk permainan ( games ) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan Games Paddle biasanya berbentuk kotak terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
a. Scanner
Scanner merupakan alat yang digunakan untuk meng-copy / menyalin gambar / teks yang kemudian disimpan kedalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya disimpan dalam harddisk.
a. Kamera Digital
Semakin berkembangnya teknologi yang begitu canggih hingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang mengunakan scanner. Ketajaman gambar ditentukan oleh pixel-nya.
a. Micropon dan Headphone
Alat ini berfungsi untuk merekam / memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer / untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara / berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.
a. Graphics Pads
Graphics Pads merupakan input masukkan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics Pads terdiri dari 2 jenis, yaitu :
v Pertama, menggunakan jarum yag dihubungkan ke pad dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membran sensitif sentuhan. Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
v Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
1. Unit Pemrosesan ( Proses Device )
Otak sebuah komputer berada pada unit pemprosesan. Unit pemprosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemrosesan dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Unit pemrosesan didalam CPU terdiri atas :
v ALU ( Arithmetical Logical Unit )
Unit ini berfungsi untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.
v CU ( Control Unit )
Unit ini berfungsi untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut keluar ( output ).
Fungsi peralatan yang ada dalam CPU dibagi atas 3 macam, yaitu :
1) Peralatan Proses ( Process Storage ),
2) Peralatan Penyimpanan ( Banking Storage ),
3) Peralatan Periferal.

1) Peralatan Proses ( Process Storage )
Adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah :
Ø Processor
Berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Intel Pentium 4. Semakin tinggi tingkat processornya semakin baik fungsi komputer tersebut.
Ø ROM ( Read Only Memory )
Berfungsi untuk membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen. Bila terjadi padam listrik, file pada ROM tidak akan hilang.
Ø RAM ( Random Access Memory )
RAM merupakan jenis memori yang dapat dibaca, diisi dan diubah menurut kebutuhan. RAM mempunyai sifat sementara, maksudnya jika terjadi padam listrik maka data yang ada pada RAM akan hilang. Misal, pada saat anda mengetik sudah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket / harddisk, hasil ketikkan anda akan berada dalam RAM. Bila terjadi padam listrik, maka data yang ada di dalam RAM akan hilang.
1) Peralatan Penyimpanan ( Backing Storage )
Adalah alat yang digunakan sebagai media penyimpanan data, informasi, instruksi maupun program. Peralatan penyimpanan memiliki kapasitas daya dalam byte. Untuk lebih jelasnya Pak Wahyu akan menjelaskannya :
1 byte = 8 byte ( sama dengan satu karakter )
1 kilobyte = 1024 byte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte
1 Terrabyte = 1024 Gygabyte
Bila harddisk berukuran 40 GB, berapa kilobyte-kah harddisk tersebut ?
Jawab : 40 X 1024 X 1024 = 41.943.040 kilobyte.

Peralatan penyimpanan terdiri atas :
q Disket ( Floppy Disk ),
q Harddisk,
q CD ( Compact Disk ),
q Flash Disk,
q DVD.
Untuk lebih memahami, kita akan bahas satu persatu :
q Disket ( Floppy Disk ).
Media ini bentuknya kecil dan ringan serta mudah dibawa. Disket ini ada 2 jenis, yaitu :
1) Double Density ( DD ). Disket ini ada yang mempunyai ukuran disket 5¼ inci dengan kapsitas 360 kilobyte dan ukuran 3½ inci dengan kapasitas 720 kilobyte.

1) High Density ( HD ). Disket ini ada yang mempunyai ukuran disket 5¼ inci dengan kapsitas 1,2 Megabyte dan ukuran 3½ inci dengan kapasitas 1,44 Megabyte.
q Hard Disk.
Harddisk adalah peralatan penyimpanan yang memiliki kapasitas besar. Saat saya membuat materi ini, kapasitas harddisk telah mencapai 250 Gigabyte.
q CD ( Compact Disk )
CD merupakan alat penyimpanan yang mampu menyimpan data 650 sampai dengan 700 MB. Ada 2 jenis CD :
1) CDR ( Compact Disk Read ), CDR ini mempunyai sifat hanya dapat dibaca saja. CDR kosong hanya dapat diisi satu kali saja dengan cara burning. Biasanya CDR digunakan untuk mengisi program komputer / software.
2) CDRW ( Compact Disk Read Write ), mempunyai sifat dapat dibaca dan diisi kembali secara berulang-ulang. CDRW mempunyai sifat yang sama dengan disket dan cocok untuk digunakan dalam penyimpanan data yang dapat diubah-ubah kembali.
q Flash Disk
Alat ini mempunyai bentuk yang kecil, tetapi mempunyai kapasitas yang besar. saat materi ini dibuat, flash disk mempunyai kapasitas dari 256 MB sampai dengan 64 Gigabyte. Alat ini memerlukan piranti yang disebut USB ( Universal Serial Bus ). Flash disk ini dapat bekerja jika dihubungkan dengan USB tersebut.
q DVD ( Digital Versatile Disk )
adalah media penyimpanan yang mempunyai ukuran dan bentuk seperti CD. Dibandingkan dengan CD, DVD mempunyai kemampuan untuk menampung data lebih banyak ( 4 – 17 Gigabyte ). Ada 2 jenis DVD :
1) DVDR = DVD - Recordable, DVDR ini mempunyai sifat hanya dapat dibaca saja. DVDR kosong hanya dapat diisi satu kali saja dengan cara burning.
2) DVDRW = DVD - ReWriteable, mempunyai sifat dapat dibaca dan diisi kembali secara berulang-ulang. DVDRW mempunyai sifat yang sama dengan disket dan cocok untuk digunakan dalam penyimpanan data yang dapat diubah-ubah kembali.
1) Peralatan Periperal ( perangkat tambahan )
Adalah peralatan tambahan yang dapat meningkatkan kemampuan komputer dalam bekerja. Perangkat tambahan terdiri atas perangkat masukkan, proses dan keluaran. Alat ini biasanya dipasang dalam slot-slot yang disediakan oleh mainboard komputer. Pada umumnya alat ini berbentuk kartu atau card, misalnya : Card LAN, Modem dan Sound Card.
v Card LAN
Kartu ini disebut juga dengan NIC ( Network Interface Card ). Dengan NIC, komputer akan dapat terhubung membentuk suatu jaringan lokal yang disebut Local Area Network ( LAN ). Bila komputer sudah terhubung, maka komputer akan dapat melakukan komunikasi antarkomputer.
v Modem ( Modulator demodulator )
Modem akan mengoptimalkan komputer dalam fungsinya, yaitu dalam mengakses internet. Fungsi modem adalah mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.
v Kartu Suara ( Sound Card )
Komputer sebagai alat multimedia mampu menampilkan gambar bahkan suara. Untuk menghasilkan suara, peralatan periferalnya adalah sound card. Sound Card memiliki microprocessor yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Sound Card saat ini sudah terdapat langsung dalam mainboard komputer ( onboard ).
1. Unit Keluaran ( Output Device )
Peralatan keluaran yang dapat menyajikan informasi yang dibutuhkan disebut output device. Unit keluaran antara lain terdiri atas monitor, printer, plotter dan speaker.
a. Monitor
Monitor adalah unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Berikut ini tipe-tipe monitor :
v CGA ( Color Graphic Adapter )
CGA adalah tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafik.
v VGA ( Visual Graphic Adapter )
VGA adalah tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunyai warna sampai jutaan. Mode grafiknya tampak lebih nyata dimata.
v LCD ( Liquid Crystal Display )
LCD dikenal sebagai monitor flat atau layar datar dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. Monitor ini ringan dan mudah untuk dibawa atau dipindah-pindahkan. Monitor ini tidak menggunakan tabung sinar katoda melainkan menggunakan perseyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektroda yang transparan.
a. Printer
Printer merupakan alat output yang menghasilkan informasi berupa tulisan atau gambar yang tercetak dalam kertas. Hasil informasinya disebut hard copy. Printer ada beberapa jenis :
Ø Dot Matrik adalah jenis printer yang proses percetakkannya menggunakan jarum-jarum dan biasanya menggunakan pita. Jenis printer ini mempunyai suara yang cukup keras, misalnya : Epson LX-300 dan Epson LX-800.
Ø Ink-Jet adalah jenis printer yang proses pencetakkannya cepat dan menggunakan tinta dengan cara disemprot. Printer jenis ini suaranya tidak bising, misalnya : HP-DeskJet dan Bubble Jet.

Ø Laser – Jet adalah jenis printer yang mirip mesin fotocopy. Ciri printer ini ialah tinta yang menggunakan toner, mempunyai kecepatan yang tinggi dan suara yang tidak bising.
Ø Plotter
Selain printer, ada hasil cetakkan kertas dengan menggunakan plotter. Plotter digunakan untuk mencetak gambar yang ukurannya cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
a. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Bila anda ingin mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung ke internet, maka output yang diperlukan adalah speakernya.
Perangkat Lunak dalam Sistem Informasi
Perangkat keras perlu diimbangi perangkat lunak. Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak, begitu pula sebaliknya. Kedua perangkat tersebut harus saling berkaitan agar komputer dapat berfungsi dengan baik.
Perkembangan teknologi perangkat keras harus diimbangi oleh perangkat lunaknya. Kemampuan komputer sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu sistem operasi ( operating system ), program aplikasi ( application programs ), bahasa pemrograman ( programming language ) dan program bantu ( utility ).
1. Sistem Operasi ( Operatyng System )
Sistem Operasi merupakan program awal agar komputer dapat digunakan. Fungsi sistem operasi ini adalah sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Sistem operasi adalah program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadual kerja processor. Beberapa sistem operasi adalah :
• MS – DOS
• Microsoft Windows
• Linux
• Unix
2. Program Aplikasi ( Aplication Programs )
Program aplikasi adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Berikut ini contoh program aplikasi :
• Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya Wordstar dan Microsoft Word.
• Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka, contohnya : Lotus dan Microsoft Excell.
• Database merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya : Foxpro dan Microsoft Access.
• Desktop Publishing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah gambar ( desain grafis ), contohnya : CorelDRAW dan Photoshop.
• CAD ( Computer Aid Design ) merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan.
3. Bahasa Pemrograman ( Programming Language )
Bahasa pemrograman adalah software yang berfungsi membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa–bahasa sesuai atau prosedur tertentu. Bahasa yang dibuat akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer.
Ada 3 tingkat bahasa pemrograman, antara lain :
1) Bahasa Tingkat Rendah ( Low Level Language )
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin dikarenakan pengkodean bahasa tingkat ini menggunakan kode angka 0 dan 1. Software yang termasuk bahasa mesin ini adalah assembly language.
1) Bahasa Tingkat Tinggi ( High Level Language )
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna komputer, contohnya : PASCAL.
1) Bahasa Generasi Keempat ( 4GL )
Merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang dikenal dengan Object Oriented Programming (OOP), software yang termasuk bahasa 4GL adalah Visual Basic, Delphi.
4. Program Bantu ( Utility )
Software ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer, misalnya untuk mengkopy data, meng-compres file dan lain-lain. Yang termasuk software ini adalah :
• Norton Utility ( Norton Commander dan Norton Disk Doctor )
• Winzip
• Norton Ghost
• Antivirus ( AVG, PCMAV )

From Hendrik Irawan ( Amik Boekittinggi)